Membahas Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa secara lengkap dari jurnal umum sampai laporan kuangan perusahaan jasa

KARAKTERISTIK PERUSAHAAN JASA DALAM BISNIS

Selamat datang dalam belajarakuntansijasa.blogspot.com, yaitu sebuah blog sederhana yang khusus membahas akuntansi perusahaan jasa.., dalam artikel pembuka (pertama) blog ini akan dilakukan pembahasan mengenai karakteristik perusahaan jasa.



Bagi saudara yang baru mempelajari ilmu akuntansi pasti belum tahu secara benar tentang pengertian perusahaan jasa.

Tentunya dalam hal ini pengertian yang sesuai sudut pandang akuntansi. Dengan mengerti dan paham secara benar mengenai pengertian perusahaan jasa maka kemungkinan besar segala materi akuntansi perusahaan jasa akan dapat saudara kuasai dengan tepat.

Nah mengingat pentingnya pemahaman tentang pengertian dan karakteristik perusahan jasa maka untuk membuka pembahasan akuntansi perusahaan jasa di blog belajarakuntansijasa.blogspot.com dimulai dengan pembahasan karakteristik perusahaan jasa dalam bisnis terlebih dahulu, untuk selengkapnya silahkan simak pemaparan singkat berikut ini.

Pengertian Perusahaan Jasa Dalam Akuntansi

Laundry adalah salah satu contoh perusahaan jasa
Dalam dunia usaha maka kita akan mengenal 3 jenis bidang perusahaan, ada perusahaan dagang, ada perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur. Salah satu dari bidang usaha tersebut adalah  perusahaan jasa. Perusahaan jasa menurut ilmu ekonomi dedefinisikan sebagai perusahaan yang memiliki kegiatan utama untuk memberikan pelayanan jasa kepada para konsumen yang membutuhkannya. Dengan demikian perusahaan jasa hanya melakukan penyediaan pelayanan jasa kepada pelanggannya, dan didalamnya tidak ada transaksi jual beli barang dagang maupun proses pengolahan barang. Pelayanan jasa yang dapat diberikan oleh berbagai perusahaan jasa banyak sekali jenisnya, misalnya pelayanan jasa servise elektronika, pelayanan jasa bengkel sepeda motor, pelayanan jasa salon kecantikan, pelayanan jasa laundry dan sebagainya.

Karakteristik Perusahaan Jasa yang Utama




Salah satu strategi untuk mengenal perusahaan jasa dengan baik adalah dengan memahami karakteristik dari perusahaan jasa. Secara sederhana berikut ini akan disebutkan 3 buah ciri yang dimiliki perusahaan jasa, silahkan simak dibawah ini:

  1. Karakteristik utama perusahaan jasa yang kesatu adalah bahwa Perusahaan jasa dalam bisnis kegiatannya menyediakan pelayanan jasa kepada konsumen
  2. Karakteristik perusahaan jasa yang kedua yaitu penerimaan atau pemasukan utama perusahaan adalah dari pendapatan yang dihasilkan atas pemberian jasa kepada.
  3. Karakteristik perusahaan jasa yang ketika adalah bahwa dalam perusahaan Jasa  besarnya laba atau rugi dapat dihitung dengan mudah yaitu dengan mencari selisih antara total pendapatan dan total beban dalam satu periode akuntansi. 

Dengan memahami ketiga karakteristik perusahaan jasa di atas, maka anda akan memiliki gambaran umum yang kuat dan benar tentang perusahaan jasa dengan demikian diharapkan akan dapat memudahkan saudara dalam mengenali perusahaan jasa dan memudahkan dalam memahami materi akuntansi perusahaan jasa dengan baik.

Setelah memahami penjelasan singkat di atas maka sebaiknya anda juga membaca artikel mengenai jenis transaksi dalam perusahaan jasa pasti terjadi.

Demikianlah pemaparan singkat mengenai  karakteristik perusahaan jasa yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Semoga setelah membaca artikel singkat dalam belajarakuntansijasa.blogspot.com ini saudara menjadi lebih memahami pengertian perusahaan jasa dengan baik serta dapat memahami tiga karakteristik perusahaan jasa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : KARAKTERISTIK PERUSAHAAN JASA DALAM BISNIS

0 komentar:

Post a Comment