CONTOH LATIHAN MEMBUAT JURNAL UMUM AKUNTANSI DENGAN BENAR

Untuk dapat menguasai akuntansi dengan mahir maka disarankan agar menyisihkan waktu untuk berlatih mengerjakan soal-soal akuntansi, salah satunya adalah latihan mengerjakan penyusunan jurnal umum.




Untuk dapat menyusun jurnal umum dengan benar maka anda harus sudah paham cara menganalisa bukti transaksi keuangan dan memahami persamaan akuntansi. Saya harap anda sudah memiliki modal yang memadai untuk latihan membuat jurnal umum yang akan disajikan dalam artikel ini. Meskipun dalam artikel ini disediakan jawaban dan pembahasan pembuatan jurnal umum secara lengkap namun anda diharapkan tidak melihat jawabannya sebelum anda mengerjakan soal-soal jurnal umum yang disajikan dalam artikel ini, hal ini semata-mata untuk pencapaian hasil belajar yang baik khusunya hasil dalam belajar membuat jurnal umum.  Selengkapnya tentang latihan soal membuat jurnal umum adalah sebagai berikut :

Contoh Soal transaksi pembuatan jurnal umum untuk perusahaan jasa

Dalam mengawali pembahasan artikel ini maka silahkan anda siapkan, alat tulis, buku latihan atau kertas untuk hitung-hitungan dan sebagainya, dan silahkan pahami baik-baik beberapa transaksi keuangan dalam perusahaan jasa berikut ini dan berlatihlah membuat jurnal umum berdasarkan transaksi-transaksi tersebut.

Tariyah Tailor adalah salah satu perusahaan perseorangan yang memberikan service dalam bidang pembuatan pakaian wanita dan pria, berikut ini adalah transaksi yang terjadi dalam bulan maret 2015.

Tanggal 1 maret 2015 ibu Tariyah membuka usaha pembuatan pakaian wanita dan pria dengan nama “tariyah Tailor” sebagai modal awal ibu tariyah menyetorkan uang tunai sebesar Rp 9.190.000.

Tanggal 3 Maret 2015 dilakukan pembelian peralatan untuk usahanya senilai Rp 1.212.000 yang dibayar secara tunai.

Tanggal 4 Maret 2015 dilakukan pembelian perlengkapan untuk usahanya senilai Rp 312.000 dengan cara kredit.

Tanggal 15 Maret 2015 Tariyah Tailor menerima pendapatan jasa dari pelanggan sebesar Rp 980.000

Tanggal 24 Maret 2015 Tariyah tailor membayar beban listrik, dan beban telepon dengan total sebesar Rp 121.000

Tanggal 29 Maret 2015 Tariyah tailor menerima pendapatan jasa lagi dari konsumen sebesar Rp 1.710.000

Tanggal 31 maret 2015 ibu tariyah sebagai pemilik tariyah tailor mengambil sebagian modalnya untuk kepentingan keluarganya sebesar Rp 110.000

Setelah anda memahami beberapa transaksi yang terjadi dalam Tariyah tailor diatas selanjutnya buatlah jurnal umum untuk periode maret 2015!

Setelah Anda sudah mengerjakan latihan penyusunan jurnal umum, sekarang cocokanlah hasil kerjaan anda tersebut dengan jawaban berikut ini :

Contoh soal jurnal umum dan jawabannya

Bagaimana jawaban anda? Apakah semua jurnal umum yang anda buat sudah benar semua? Atau masih ada beberapa yang masih keliru? Jika hasil kerjaan anda sudah benar semua maka  selalu pertahankan konsep pembuatan jurnal umum yang telah anda kuasai dan disarankan untuk membaca artikel selanjutnya tentang Buku Besar perusahaan jasa. Apabila jawaban anda masih ada yang keliru itu berarti anda masih perlu memahami kembali tentang langkah-langkah pembuatan jurnal umum, dan anda disarankan untuk menyimak pembahasan berikut ini dan koreksilah letak kesalahan jawaban anda.

Pembahasan soal penyusunan jurnal umum perusahaan jasa




Tanggal 1 maret 2015 :
Dalam transaksi tanggal 1 Maret terjadi penyetoran modal awal yang dilakukan oleh pemilik yaitu ibu tariyah dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 9.190.000 sehingga terjadi penambahan akun modal perusahaan sebesar 9.190.000 oleh karena itu akun modal dicatat diposisi kredit, begitu juga dengan akun kas perusahaan, akun kas juga mengalami penambahan karena modal yang disetor berwujud uang tunai sehingga akun kas dicatat pada posisi debet sebesar modal yang disetor yaitu Rp 9.190.000.  Jadi, jurnal umum yang dibuat untuk mencatat penyetoran modal awal dalam wujud uang tunai adalah sebagai berikut:
Kas............ 9.190.000
          Modal Ibu Tariyah......... 9.190.000

Tanggal 3 Maret 2015 :
Dalam transaksi tanggal 3 maret 2015 Terjadi transaksi pembelian peralatan secara tunai sebesar Rp 1.212.000. Akibat dari transaksi tersebut maka ada dua akun yang terpengaruh yaitu akun peralatan dan akun kasa. Akun peralatan mengalami penambahan sebaliknya akun kas mengalami pengurangan. Baik akun peralatan maupun akun kas adalah jenis dari harta, sehingga saat peralatan bertambah diposisikan di sebelah debit dan saat kas berkurang diposisikan di sebelah kredit. Jadi, jurnal umum pencatatan transaksi pembelian peralatan dengan tunai adalah :

Peralatan ................ 1.212.000
                Kas ....................... 1.212.000

Tanggal 4 Maret 2015 :
Pada transaksi tanggal 4 terjadi transaksi pembelian perlengkapan secara kredit senilai Rp 312.000, akibat transaksi tersebut maka ada dua akun yang terpengaruh yaitu akun perlengkapan dan akun utang, akun perlengkapan mengalami penambahan begitu juga akun utang. Saat akun perlengkapan mengalami penambahan maka harus diposisikan di debit karena perlengkapan salah satu jenis harta dan setiap jenis harta ketika bertambah harus didebit, sedangkan saat akun utang bertambah maka harus diposisikan di posisi kredit karena saldo normal akun utang sesuai teori akuntansi saat bertambah diposisikan disebelah kredit dan saat berkurang diposisikan di debit. Jadi, jurnal umum yang dibuat dari transaksi pembelian perlengkapan dengan cara kredit adalah sebagai berikut :

Perlengkapan ........... 312.000
               Utang ...................... 312.000

Tanggal 15 Maret 2015 :
Pada tanggal 15 Maret perusahaan Tariyah tailor menerima pendapatan dari pelanggannya sebesar Rp 980.000, dalam transaksi perolehan pendapatan jasa maka ada dua akun yang terpengaruh yaitu akun pendapan dan akun kas, akun kas mengalami penambahan begitu juga akun pendapatan jasa, sesuai teori yang berlaku dalam akuntansi ketika akun harta bertambah maka harus di letakan pada posisi debit jadi karena kas merupakan salah satu jenis harta maka posisi kas ada di posisi debit dengan jumlah saldo Rp 980.000, sedangkan pendapatan sesuai dengan teori akuntansi maka ketika mengalami penambahan harus di posisikan pada posisi kredit sehingga dalam transaksi penerimaan pendapatan posisi pendapatan ada diposisi kredit dengan jumlah saldo Rp 980.000.  Jadi, jurnal umum yang dibuat adalah

Kas .................980.000
               Pendapatan ..........980.000

Tanggal 14 maret 2015 :
Pada transaksi tanggal 14 maret terjadi transaksi pembayaran beban sebesar 121.000. Ketika terjadi transaksi pembayaran beban maka ada dua akun yang terpengaruh yaitu akun Beban dan akun Kas, akun beban mengalami penambahan sedangkan akun kas mengalami pengurangan, sesuai denga teori dalam akuntansi maka ketika beban bertambah posisinya adalah debit sedangkan ketika harta berkurang posisinya adalah kredit, karena kas merupakan salah satu jenis harta maka dalam transaksi pembayaran beban posisi kas ada di kredit. Jadi, Jurnal umum yang dibuat dalam transaksi pembayaran beban adalah sebagai berikut :

Beban telepon dan Beban Listrik .......121.000
                       Kas .............................................. 121.000

Tanggal 29 Maret 2015 :
Pada tanggal 29 Maret terjadi transaksi perolehan pendapatan jasa sebesar Rp 1.710.000, dalam transaksi perolehan pendapatan jasa maka ada dua akun yang terpengaruh yaitu akun pendapan dan akun kas, akun kas mengalami penambahan begitu juga akun pendapatan jasa, sesuai teori yang berlaku dalam akuntansi ketika akun harta bertambah maka harus di letakan pada posisi debit jadi karena kas merupakan salah satu jenis harta maka posisi kas ada di posisi debit dengan jumlah saldo Rp 1.710.000, sedangkan pendapatan sesuai dengan teori akuntansi maka ketika mengalami penambahan harus di posisikan pada posisi kredit sehingga dalam transaksi penerimaan pendapatan posisi pendapatan ada diposisi kredit dengan jumlah saldo Rp 1.710.000.  Jadi, jurnal umum yang dibuat adalah :

Kas ................1.710.000
              Pendapatan .........1.710.000

Tanggal 31 Maret 2015 :
Pada transaksi terjadinya prive atau pengambilan sebagaian modal pemilik oleh pemilik, maka mengakibatkan akun prive diletakan diposisi debit hal ini karena prive bersifat mengurangi modal secara langsung, sedangkan akun kas diletakan diposisi kredit hal ini karena saldo akun kas perusahaan mengalami pengurangan akibat dari pengambilan oleh ibu Tariyah yang merupakan pemilik perusahaan. Jadi, Jurnal umum yang dibuat adalah:

Prive Ibu Tariyah .............110.000
              Kas ............110.000

Demikianlah Pembahasan tentang soal latihan pembuatan jurnal umum perusahaan jasa, semoga dapat menjadi referensi belajar akuntansi jasa bagi anda.

CONTOH LATIHAN MEMBUAT JURNAL UMUM AKUNTANSI DENGAN BENAR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

3 komentar:

  1. Sama - sama mbak maria dan mas ridho, Semoga penjelasan tentang jurnal umum ini dapat memberikan manfaat untuk semuanya, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa yang sedang belajar akuntansi dasar

    ReplyDelete