LANGKAH MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN MELALUI TABEL PERSAMAAN AKUNTANSI

Setelah Membahas Langkah membuat tabel persamaan akuntansi dalam artikel Akuntansi sebelumnya, dan saya harap andapun sudah mampu membuatnya dengan benar maka dalam artikel ini akan dijelaskan langkah menyusun laporan keuangan dengan menggunakan tabel persamaan akuntansi. Sebagaimana yang telah disampaikan dalam artikel mengenal tabel persamaan akuntansi bahwa salah satu fungsi tabel tersebut adalah sebagai dasar dalam pembuatan laporan keuangan, nah pada artikel ini akan penulis tunjukan caranya dengan benar, silahkan simak penjelasan berikut ini:




Sebelum dibahas Cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa menggunakan  tabel persamaan akuntansi, maka perlu disampaikan bahwa pada dasarnya sebuah laporan keuangan dapat dibuat dengan dua buah cara yaitu dengan berdasar pada tabel persamaan akuntansi dan dengan menerapkan siklus akuntansi, namun demikian seiring dengan perkembangan teknologi maka sekarang untuk membuat laporan keuangan dapat dilakukan dengan bantuan software akuntansi tertentu. Pada artikel ini kita akan belajar untuk membuat laporan keuangan dengan berdasar pada tabel persamaan akuntansi. Untuk mempermudah dalam pembahasan ini maka diawali dengan sajian berbagai transaksi keuangan yang sering muncul pada perusahaan jasa, selanjutnya dari transaksi tersebut akan dicatat kedalam tabel persamaan akuntansi dan selanjutnya dibuatlah laporan keuangan, meliputi laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan neraca

Ilustrasi Pembuatan Laporan Keuangan dari Tabel Persamaan Akuntansi

Contoh Transaksi keuangan dalam perusahaan jasa

Pada Bulan Februari 2015 Pak Abdullah mendirikan usaha dibidang jasa pengiriman barang dengan nama “ super kilat”. Transaksi keuangan yang terjadi selama bulan februari adalah sebagai berikut :

Pada tanggal 2 Februari 2015 Pak Abdullah sebagai pemilik dari Jasa pengiriman super kilat menyetorkan uang Tunai senilai Rp 4.800.000 yang diperuntukan sebagai modal awal.

Pada tanggal 3 Februari Jasa Angkut super kilat membeli beberapa peralatan kantor dengan harga Rp 1.250.000, dibayar secara kas sejumlah Rp 750.000 dan sisanya dibayarkan pada bulan Maret 2015.

Pada 5 Februari Pak Abdullah membeli beberapa perlengkapan kantor dengan tunai seharga Rp 75.000

Pada 7 Februari Jasa Angkut Super kilat Melakukan Pelunasan Hutang pada kreditur sebesar Rp 250.000

Pada 10 Februari dilakukan pembayaran beban sewa kantor untuk bulan februari senilai Rp 400.000.

Pada 16 Februari jasa angkut super kilat melakukan pembayaran beban sewa kendaraan sebesar Rp 300.000.

Pada 19 Februari Jasa Angkut super kilat memperoleh pendapatan jasa angkut sejumlah Rp 1000.000.

Pada 23 Februari 2015 Pak Abdullah mengambil sebagian kecil modalnya yang digunakan untuk pengobatan anaknya yang sakit sebesar Rp 600.000.

Pada 25 Februari Jasa Angkut Super kilat Mendapat perolehan pendapatan jasa angkut sejumlah 1.500.000.

Pada 28 Februari ditaksir beban penyusutan peralatan kantor yang terjadi senilai Rp 30.000 dan Saldo perlengkapan kantor yang tersisa adalah Rp 15.000




Berdasarkan Beberapa transaksi Keuangan yang terjadi pada jasa angkut superkilat selama bulan februari di atas, maka tabel persamaan akuntansi yang dibuat adalah sebagai berikut:

Tebel persamaan akuntansi perusahaan jasa

Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Setelah dibuat tabel persamaan akuntansi maka langkah berikutnya adalah pembuatan laporan keuangan dengan berpatokan pada tabel persamaan akuntansi

Pembuatan Laporan Laba Rugi atas dasar tabel persamaan akuntansi

Cara Membuat laporan laba-rugi dengan dasar tabel persamaan akuntansi, sangatlah mudah karena kita tinggal mengutip atau memindahkan semua pendapatan dan semua beban yang terdapat dalam tabel kedalam format laporan laba-rugi, selengkapnya laporan laba-rugi yang disusun atas dasar tabel persamaan akuntansi adalah sebagai berikut:

Laporan Laba-rugi Perusahaan Jasa

Pembuatan Laporan perubahan modal melalui tabel persamaan akuntansi

Cara membuat Laporan Perubahan modal dengan berdasarkan tabel persamaan akuntansi adalah dengan mengutip atau menyalin segala akun yang dapat mempengaruhi modal perusahaan secara langsung yaitu meliputi prive, investasi dan sebagainya serta mengutip atau menyalin saldo laba atau rugi yang ada dalam laporan laba-rugi yang telah dibuat sebelumnya (lihat gambar di atas).

Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa

Pembuatan Neraca dengan berdasarkan pada tabel persamaan akuntansi

Cara membuat Neraca atas dasar tabel persamaan akuntansi adalah dengan mengutip atau menyalin semua jumlah total masing-masing akun dalam tabel persamaan akuntansi selama satu periode akuntansi.

Contoh Neraca Perusahaan Jasa

Kesimpulan
Proses Pembuatan Laporan keuangan selain dapat dilakukan dengan menerapkan metode siklus akuntansi juga dapat disusun dengan berdasarkan tabel persamaan akuntansi. Proses pembuatan laporan keuangan atas dasar tabel persamaan akuntansi dapat dilakukan dengan mudah karena hanya mengutip atau menyalin saja, Laporan keuangan yang dapat disusun didapat disusun antara lain laporan laba-rugi, laporan perubahan modal dan neraca. Setelah memahai artikel ini dengan baik silahkan pahami tentang konsep siklus akuntansi, semoga anda mampu membuat laporan keuangan perusahaan jasa melalui tabel persamaan akuntansi , selamat belajar akuntansi perusahaan jasa.

LANGKAH MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN MELALUI TABEL PERSAMAAN AKUNTANSI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment