MENGENAL PENGERTIAN NERACA SALDO SESUAI TEORI AKUNTANSI

Deskripsi Neraca Saldo (Trial balance)

Neraca saldo (trial balance) merupakan sebuah tahap dalam siklus akuntansi perusahaan jasa yang  disusun setelah pempostingan jurnal umum buku besar. Neraca saldo dalam ilmu akuntansi di definisikan sebagai suatu daftar yang berisi semua jenis nama akun dan saldo total dari akun tersebut yang dibuat secara sistematis atau urut sesuai kode akunnya dengan bersumber dari buku besar perusahaan pada periode tertentu.


Berdasarkan definisi neraca saldo di atas maka dapat diketahui bahwa dalam membuat neraca saldo menggunakan sumber data yang ada dalam buku besar, data yang dimaksud disini adalah berbagai jenis akun dan saldonya. Hal lain yang dapat diketahui dari definisi neraca saldo di atas adalah bahwasannya neraca saldo hanya dapat disusun setelah buku besar dibuat, pembuatan neraca saldo harus dilakukan secara sistematis sesuai dengan kode akunnya, jadi tidak boleh acak

Manfaat dibuatnya Neraca saldo (trial balance)

Mengapa perusahaan harus membuat neraca saldo atau trial balance?Hal ini karena dengan membuat neraca saldo maka perusahaan dapat melakukan pengecekan terhadap kebenaran buku besar yang telah dibuat. Buku besar yang sudah dibuat dengan benar apabila dijadikan sebagai dasar penyusunan neraca saldo, maka jumlah total debit dan jumlah total kredit yang ada di neraca saldo akan menunjukan jumlah saldo yang sama atau balance. Dengan demikian neraca saldo yang benar adalah neraca saldo yang jumlah total saldo debit dan total saldo kreditnya menunjukan angka yang sama atau balance, dengan catatan tidak ada kecurangan-kecurangan yang dilakukan. Manfaaat lain dari neraca saldo adalah sebagai sumber dalam pembuatan kertas kerja atau neraca lajur yang kemudian akan menjadi dasar pembuatan laporan keuangan.



Format Neraca saldo (Trial balance) dalam akuntansi

Neraca saldo memiliki format yang sederhana, yaitu hanya memiliki 4 kolom utama, yaitu kolom kode akun, kolom nama-nama akun, kolom debit dan kolom kredit. Agar anda lebih jelas silahkan amati gambar berikut ini dengan baik :


Format neraca saldo dalam akuntansi perusahaan jasa

Keterangan :
Kolom Kode Akun :
Kolom ini di isi dengan berbagai kode akun dari setiap akun yang ada dalam buku besar perusahaan tersebut. Kode akun harus ditulis secara urut mulai dari kode 1 yang menunjukan kode akun Harta sampai kode 5 yang menunjukan kode akun Beban.

Kolom Nama Akun :
Kolom ini diisi dengan berbagai nama akun yang ada dalam buku besar perusahaan tersebut. Dalam neraca saldo pengisian nama akun ini dilakukan secara urut mulai dari golongan akun harta, golongan akun Hutang, Golongan akun Modal, Golongan Akun pendapatan dan diakhiri dengan golongan akun beban

Kolom Debit :
Diisi dengan saldo dari setiap akun-akun yang memiliki saldo total Debit sesuai dengan buku besar.

Kolom Kredit :
Diisi dengan saldo dari setiap akun-akun yang memiliki saldo total kredit sesuai dengan buku besar.

Sebagai gambaran tentang bentuk dari neraca saldo perusahaan jasa, berikut ini penulis sajikan contoh dari neraca saldo perusahaan jasa.


Contoh Neraca Saldo perusahaan Jasa

Kesimpulan
Neraca saldo diartikan suatu daftar yang berisi semua jenis nama akun dan saldo total dari akun tersebut yang dibuat secara sistematis atau urut sesuai kode akunnya dengan bersumber dari buku besar perusahaan pada periode tertentu. Neraca saldo dibuat setelah tahap pembuatan buku besar hal ini karena yang menjadi dasar penyusunan neraca saldo adalah buku besar. Format dari neraca saldo terdiri dari 4 kolom saja, mulai dari kolom kode akun sampai kolom debit-kredit. Stelah memahami artikel ini maka silahkan simak pembahasan langkah-langkah pembuatan neraca saldo perusahaan jasa. Demikianlah penjelasan yang dapat disampaikan dalam artikel blog belajarakuntansijasa.blogspot.com ini, semoga anda dapat terbantu dalam mengenal neraca saldo perusahaan jasa dengan benar.

Referensi :
www.akuntansidasar.com
id.wikipedia.org

MENGENAL PENGERTIAN NERACA SALDO SESUAI TEORI AKUNTANSI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment