Membahas Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa secara lengkap dari jurnal umum sampai laporan kuangan perusahaan jasa

BERBAGAI TRANSAKSI KEUANGAN DALAM OPERASIONAL PERUSAHAAN JASA

Dalam artikel ini akan dibahas berbagai transaksi keuangan dalam operasional perusahaan jasa. Sebelum memahami pembahasan artikel ini, maka sebaiknya saudara membaca dulu artikel karakteristik perusahaan jasa yang telah dijelaskan sebelummya dalam blog ini.



Dalam pelaksanaan operasional usahanya suatu perusahaan pasti akan melakukan bermacam-macam transaksi keuangan, Baik transaksi intern maupun transaksi ekstern.

Sebenarnya transaksi apa saja yang sering dilakukan dalam perusahaan jasa? Inilah yang akan dijelaskan dalam artikel yang ada dihadapan anda sekarang, selengkapnya silahkan saudara baca dengan baik penjelasan berikut ini.

Jenis-jenis transaksi keuangan perusahaan jasa

Pada dasarnya dalam perusahaan dagang mempunyai 11 transaksi keuangan yang sering terjadi dalam operasional usahanya. Kesebelas transaksi keuangan inilah yang merupakan transaksi yang selalu ditemui dalam operasional perusahaan jasa. Adapun Kesebelas transaksi keuangan tersebut antara sebagai berikut.

11 Jenis Transaksi keuangan Perusahaan Jasa

  1. Transaksi Investasi Modal Pemilik
  2. Transaksi Keuangan Penerimaan Pendapatan Tunai
  3. Transaksi Keuangan Penerimaan Pendapatan Kredit
  4. Transaksi Keuangan pembelian Perlengkapan Tunai
  5. Transaksi Keuangan pembelian Perlengkapan Kredit
  6. Transaksi Keuangan pembelian Peralatan Tunai
  7. Transaksi Keuangan pembelian Peralatan Kredit
  8. Transaksi Pembayaran Beban Usaha
  9. Transaksi Pembayaran Beban diluar Usaha
  10. Transaksi Peminjaman Uang (Utang)
  11. Transaksi Pelunasan Utang (Pinjaman)



11 Jenis transaksi yang disebutkan di atas adalah transaksi utama yang paling sering ditemui dalam operasional perusahaan jasa.  Dengan munculnya berbagai transaksi dalam operasional perusahaan jasa, maka munculah nama-nama akun atau rekening yang berfungsi untuk menampung atau mencatat bukti transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan jasa, selengkapnya tentang macam-macam nama akun dalam perusahaan jasa antara lain sebagai berikut:

Beberapa Nama Akun dalam Perusahaan Jasa yang utama

  1. Akun Pendapatan, adalah akun yang berfungsi untuk mencatat segala transaksi penerimaan pendapatan atas jasa yang diberikan kepada konsumen baik tunai maupun kredit
  2. Akun Modal Pemilik, Merupakan nama akun yang berfungsi mencatat segala penambahan modal atau pengurangan modal perusahaan
  3. Akun Perlengkapan, adalah akun yang berfungsi untuk mencatat semua perlengkapan yang dimiliki perusahaan.
  4. Akun Peralatan, adalah  akun yang berfungsi untuk menampung saldo semua peralatan yang dimiliki perusahaan.
  5. Akun Beban ..., Merupakan nama akun yang berfungsi mencatat semua beban yang ditanggung perusahaan dalam satu periode baik beban usaha maupun beban diluar usaha, misalnya beban gaji, beban bunga, beban listrik, air dan sebagainya.
  6. Akun Utang, merupakan nama akun yang berfungsi untuk menampung besarnya saldo utang yang dimiliki perusahaan.
  7. Akun Kas, merupakan nama akun yang berfungsi untuk mencatat besarnya seluruh Kas yang dimiliki perusahaan.
Demikianlah Penjelasan singkat mengenai macam-macam transaksi keuangan dalam operasional perusahaan jasa. Setelah membaca artikel ini, silahkan baca pula artikel tentang berbagai bentuk bukti transaksi keuangan perusahaan jasa. Semoga sesudah membaca artikel ini dengan seksama saudara semakin memahami mengenai berbagai macam transaksi yang ada dalam perusahaan jasa sekaligus mengenali nama akun yang ada dalam perusahaan jasa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : BERBAGAI TRANSAKSI KEUANGAN DALAM OPERASIONAL PERUSAHAAN JASA

0 komentar:

Post a Comment