CARA MEMPOSTING JURNAL UMUM KE BUKU BESAR PERUSAHAAN JASA

Blog belajarakuntansijasa.blogspot.com sudah membahas tentang pengertian dan bentuk buku besar sebelumnya, sekarang akan dijelaskan cara memposting jurnal umum ke buku besar perusahaan jasa.



Tidak sedikit dari siswa yang mengeluhkan merasa kesulitan dalam posting buku besar, padahal sebenarnya cara melakukan posting dari Buku Jurnal ke buku besar hanya memindah-mindahkan akun-akun dan saldonya dari jurnal umum ke buku besar, sesuai dengan makna posting secara sederhana yaitu “memindahakan”

Kapan Waktu Posting jurnal umum ke buku besar?

Kapan dilakukan proses posting ke buku besar dalam perusahaan jasa? Pada perusahaan jasa Proses posting  dari jurnal umum kedalam  buku besar  ketika perusahaan telah membuat jurnal umum dan ketika itulah langsung diposting ke buku besar jadi tanggal pembuatan jurnal umum dan tanggal posting ke buku besar adalah sama dengan istilah lain proses posting dilakukan secara berkala.

Prosedur Posting Ke Buku Besar dalam perusahaan jasa

Dalam Melakukan posting ke buku besar (betuk format 4 kolom) pada perusahaan jasa langkah utama yang dilakukan ada 5 langkah yaitu sebagai berikut :

1. Mengisi Kolom tanggal dengan waktu terjadinya posting, Karena yang kita posting adalah jurnal umum maka tanggal yang ditulis pada kolom tanggal di buku besar sama dengan tanggal yang tertulis pada kolom tanggal di jurnal umum, hal ini karena proses posting dilakukan pada waktu yang sama dengan proses penjurnalan.

2. Mengisi Kolom keterangan dengan nama akun yang mempengaruhi buku besar akun yang bersangkutan. Apabila sebuah akun memiliki saldo awal yang ditunjukan di neraca tahun lalu maka tulislah saldo tersebut dengan keterangan saldo awal.

3. Mengisi kolom Ref dengan Jenis jurnal dan no halaman jurnal yang diposting, misalnya yang diposting adalah jurnal umum pada halaman 01, maka kita isi kolom ref “JU-1”. Dimana JU adalah singkatan dari jurnal umum dan 1 adalah no halaman jurnal umum tersebut. Sebaliknya pada kolom REF di jurnal umum isilah dengan kode akun tertentu yang telah diposting ke buku besar.

4. Mengisi Kolom debit dan kredit saldo akun tertentu sesuai dengan kolom debit dan kredi saldo tersebut pada jurnal umum.

5.Pada Kolom SALDO yang dibagi lagi menjadi kolom debit dan kredit, isilah dengan hasil penambahan atau hasil pengurangan dari setiap pengaruh transaksi yang melibatkan akun buku besar tersebut hingga akhirnya akan didapatkan saldo akhir buku besar akun tersebut.

Untuk mempertajam pemahaman anda, silahkan pahami ilustrasi proses posting berikut ini, dan amati pula gambarnya dengan seksama.

Pada 9 Maret 2015 perusahaan” Tariyah Tailor” melakukan pembelian peralatan jait dengan cara tunai sebesar Rp 1.999.000. Anggap saja No Bukti transaksinya adalah BKK03




Dari adanya transaksi di atas maka perusahaan tariyah tailor harus membuat jurnal umum terlebih dahulu lalu dilanjutkan melakukan posting ke buku besar.

Transaksi yang dilakukan Tariyah Tailor pada 9 maret 2015 adalah transaksi pembelian peralatan dengan tunai, akun yang terpengaruh dengan transaksi itu adalah akun peralatan dan akun kas. Akun peralatan bertambah sedangkan akun kas berkurang, sehingga jurnal yang di buat adalah sebagai berikut :

Jurnal umum pencatatan pembelian peralatan secara tunai

Coba anda perhatikan jurnal umum yang belum diposting ke buku besar di atas ini, terlihat bahwa kolom ref masih kosong, anda tau sebabnya? Yaa karena jurnal umum tersebut belum di posting

Gambar Langkah-langkah dalam posting jurnal Umum ke Buku Besar

Proses posting jurnal umum ke buku besar dalam perusahaan jasa

Gambar di atas memperlihatkan langkah-langkah yang ditempuh dalam pempostingan jurnal umum ke buku besar, dalam gambar tersebut dapat kita lihat bahwa jurnal umum sudah memiliki nomor ref, hal ini untuk menunjukan bahwa akun yang terdapat dalam jurnal tersebut sudah diposting. Dalam jurnal terlihat ada dua buah nama akun yaitu akun peralatan dan akun kas, sehingga kita akan memposting dua akun tersebut, jadi kita akan membuat dua buah buku besar dengan nama buku besar akun kas dan buku besar akun peralatan. Dalam buku besar kita harus mencantumkan kode akun yang diletakan dipojok kanan atas buku besar tersebut, kode akun ini akan diisikan pada kolom ref jurnal umum sebagai tanda telah dilakukan pempostingan akun tersebut ke buku besar, dalam transaksi di atas maka akan menggunakan kode akun 111 untuk akun kas dan kode 121 untuk akun peralatan, selengkapnya tentang kode akun anda simak penggolongan kode akun.

Demikianlah pembahasan tentang Cara Memposting Jurnal Umum Ke Buku Besar Perusahaan Jasa, selanjutnya akan dibahas tentang pengenalan terhadap neraca saldo atau trial balance. Semoga artikel ini dapat memberi anda wawasan yang benar tentang cara posting jurnal umum ke buku besar pada perusahaan jasa.

Referensi :
www.akuntansipendidik.com
www.accountingcoach.com

CARA MEMPOSTING JURNAL UMUM KE BUKU BESAR PERUSAHAAN JASA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment